PROGRAM BINA RAMADHAN

Cover_Bina_Ramadhan_Final - Depan


Program

Bimbingan Intensif Amaliyah Ramadhan
BINA RAMADHAN
Sekolah Dasar

Proposal

Diajukan sebagai permohonan
Standarisasi Pelaksanaan Kegiatan Ramadhan 1434 H Tahun 2013
Pada Sekolah Dasar Se- Kab. Sumedang

Tim Penyusun
Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar
KKG PAI SD
Kabupaten Sumedang

Sekretariat:
Gedung Serbaguna Kementerian Agama Kab. Sumedang
Jl. Kutamaya No. 25 Sumedang

=======================================================

Spirit of Ramadhan

  • Sesuai dengan perputaran waktu, maka setiap tahun bulan Ramadhan akan mendatangi umat manusia.  Kedatangannya, oleh setiap orang yang pernah ikrar dengan mengucapkan Dua Kalimat Syahadat akan disambut dengan hati gembira seraya dilakukannya ibadah puasa secara serentak dengan tunduk dan patuh semata-mata karena Allah SWT.
  • Bulan Ramadhan adalah bulan yang senantiasa agung, lebih besar dari bulan-bulan yang lain.  Namanya disebutkan di dalam Al Qur’an,  dan di dalam bulan itulah Al Qur’an diturunkan untuk pertama kalinya sebagai pelita bagi peradaban manusia.
  • Sejarah mencatat bahwa peristiwa-peristiwa penting yang menjadi titik tolak dan sumber peradaban manusia, terjadi dalam bulan Ramadhan.  Para Nabi terdahulu hingga Nabi Muhammad SAW yang terakhir,  banyak memperoleh pertolongan Allah SWT dan mencapai kemenangan di dalam bulan Ramadhan.
  • Dia adalah bulan yang penuh berkah, padanya ada satu malam istimewa yang nilainya 1000 kali lebih baik dibanding dengan bulan-bulan yang lainnya.  Apa pun kebajikan yang dikerjakan dalam bulan Ramadhan, nilainya selalu dilipatgandakan sepuluh bahkan sampai tujuh ratus kali lipat.  Di dalamnya ada perintah puasa wajib, shalat tarawih di malam harinya, tadarus Qur’an, ‘Itikaf di masjid dan sebagainya.
  • Siang harinya manusia dilatih untuk memerangi hawa nafsunya yang selalu dihembus-hembuskan oleh iblis dan syetan.  Manusia dilarang melihat, mendengarkan, membicarakan dan melakukan hal-hal yang merusak dan merugikan diri sendiri dan orang lain.  Malam harinya untuk munajah, taqorrub, mendekatkan diri kepada Allah SWT Tuhan penciptnya.  Hati dan jiwa dibersihkan dari segala pencemaran. Maka patutlah kalau syetan pada terbelenggu, pintu-pintu neraka tertutup dan pintu-pintu surga terbuka lebar-lebar, sebab manusia telah dapat mengesampingkan masalah duniawinya.  Wajar kalau bulan Ramadhan disebut juga Syahrullah.
  • Sungguh, bulan di mana pada sepuluh hari pertama Allah SWT memberikan kemurahan rahmat, sepuluh hari kedua Allah SWT memberikan kemurahan maghfiroh dan sepuluh hari ketiga Allah SWT memberikan kemurahan dengan membebaskan hamba-hamba-Nya dari api neraka, hingga menjadi hamba-hamba yang mendapatkan kemenengan hakiki di sisi-Nya.
  • Patutlah bagi masyarakat Kab. Sumedang, untuk bertitik tolak kembali pada bulan Ramadhan dalam meletakkan dan membangun komitmen mewujudkan Visi Sumedang Agamis dan Guru Pendidikan Agama Islam SD Kab. Sumedang adalah salah satu komponen yang memiliki respon ambisius untuk hal dimaksud.

Cover_Buku_Juknis_Bina_Ramadhan

Lebih lengkap ….. klik pada tautan berikut!
Buku_Materi_BINA_RAMADHAN_Final_Rev
Cover_Bina_Ramadhan_Final
INSTRUMEN PENILAIAN –
INSTRUMEN PENILAIAN -Transkrip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s