Sampingan

LOMBA PENTAS PAI SD KAB. SUMEDANG TAHUN 2011

LOMBA PENTAS PAI SD TKT. KAB. SUMEDANG TAHUN 2011

KKG PAI (Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam) Sumedang akan melaksanakan kegiatan PENTAS PAI SD (Pekan Keterampilan dan Seni Sekolah Dasar) tahun 2011 (1433 H.) tingkat Kabupaten Sumedang. Pelaksanaan kegiatan dimaksud diagendakan pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2011 (25 Muharram 1433 H.).  Kegiatan dipusatkan di lingkungan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Sumedang dan di Islamic Center (Wisma Haji Sumedang).

Berikut Proposal Kegiatan Pentas PAI 2011:

PEKAN KETERAMPILAN DAN SENI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PENTAS PAI)
SEKOLAH DASAR KAB. SUMEDANG
|TAHUN 2011

A. PENDAHULUAN

 Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Bab II pasal 2 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Selaras dengan itu, Pendidikan Agama Islam jelas memiliki peranan penting, sehingga perlu adanya upaya-upaya peningkatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD, selain harus diberikan melalui kegiatan kurikuler, juga harus diberikan melalui kegiatan ekstra-kurikuler. Kegiatan ekstra-kurikuler PAI di SD merupakan intensefikasi pendidikan PAI dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan, pemahaman, pengalaman dan keterampilan pada peserta didik, mengingat alokasi waktu untuk pembelajaran PAI di SD terbatas hanya tiga jam pelajaran perminggu. Kegiatan ekstra-kurikuler PAI di SD salah satunya diberikan dalam bentuk kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar yang disingkat PENTAS PAI SD (Peraturan Dirjen Pendis No. DJ.I/12A Tahun 2009).

 PENTAS PAI SD bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan situasi, kondisi, dan potensi sekolah yang bersangkutan. Kegiatan PENTAS PAI SD juga dapat membentuk sikap, mental, sportifitas, kejujuran dan ukhuwah islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI.

Kegiatan PENTAS PAI bagi peserta didik Sekolah Dasar diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai pada tingkat nasional. Melalui rembuk nasional para ketua KKG-PAI Provinsi di Jakarta pada bulan Juli 2009 (Ketua KKG-PAI Sumedang sebagai peserta), disepakati bahwa kegiatan PENTAS PAI SD merupakan agenda kegiatan prioritas tahunan bagi KKG PAI di seluruh Indonesia. Implementasi dari kesepakatan tersebut, PENTAS PAI SD terselenggara secara menyeluruh di tingkat nasional mulai tahun 2009.

 Kabupaten Sumedang, merupakan peserta yang selalu aktif mengikuti kegiatan PENTAS PAI SD di tingkat Provinsi. Meskipun dalam tiga tahun periode penyelenggaraan belum sempat meraih juara umum atau menjadi salah satu peserta utusan provinsi ke tingkat nasional, namun prestasinya cukup membagakan, yakni selalu menjadi peserta juara sepuluh besar terbaik.

 Refleksi dari hasil evaluasi keikutsertaan Kab. Sumedang selama tiga periode penyelengaraan PENTAS PAI SD di tingkat provinsi, dapat direkomendasikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Perlu peningkatan profesionalisme manajemen event dari mulai tingkat gugus, kecamatan hingga tingkat kabupaten. Indikator input-nya adalah sekolah melalui kegiatan intensifikasi ekstra-kurikuler PAI memperkenalkan materi-materi yang akan dilombakan kepada peserta didik. Indikator proses-nya adalah kompetisi sehat mulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan sampai kabupaten yang diselenggarakan oleh organisasi pelaksana lomba. Indikator output-nya adalah terselenggaranya PENTAS PAI SD dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan dan kabupaten yang sehat, objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Indikator outcomes-nya adalah terjaringnya peserta didik berprestasi terbaik tingkat kabupaten Sumedang sebagai utusan ke tingkat provinsi.
  2. Perlu peningkatan sinergisitas antar komponen dalam rangka penguatan sumberdaya kegiatan. Hal ini terkait dengan sumberdaya pendanaan kegiatan dari mulai tingkat gugus, kecamatan sampai kabupaten. Fakta dari tiga tahun periode penyelenggaraan, perihal pendanaan kegiatan sebagian besar digalang dari usaha-usaha mandiri para Guru PAI dan stimulant dari Kementerian Agama Sumedang. Akses-akses usaha dalam rangka memenuhi kebutuhan pendanaan kegiatan melalui kerjasama dengan instansi terkait dan pihak-pihak lain belum begitu direspon dengan baik. Salah satu alasan sebagai penyebab terjadinya kondisi seperti itu adalah masih adanya anggapan bahwa pengembangan PAI merupakan tanggung jawab penuh kementerian agama dan atau lembaga-lembaga keagamaan lainnya.

Tingginya semangat kebersamaan, kepercayaan diri dan kemandirian para Guru PAI se-Kabupaten Sumedang untuk menyelenggarakan kegiatan PENTAS PAI SD, direspon dan diapresiasi melalui musyawarah rutin KKG PAI Kabupaten Sumedang yang diselenggarakan hari Kamis tanggal 22 September 2011 di Aula Kemenang Kabupaten Sumedang, dengan kesepakatan bahwa kegiatan PENTAS PAI SD Tingkat Kabupaten akan diselenggarakan pada bulan Desember 2011 bertempat di Lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang.

Tindak lanjut dari kepakatan tersebut, telah teragendakan bahwa kegiatan PENTAS PAI SD di tingkat gugus dan kecamatan secara serentak diselenggarakan selambat-lambatnya akhir bulan Nopember 2011. Sedangkan untuk persiapan penyelenggaraan PENTAS PAI SD di tingkat kabupaten sudah harus dimulai selambat-lambatnya awal bulan Oktober 2011.

Sebagai tahap persiapan awal, dipandang perlu menyusun proposal kegiatan yang memuat perencanaan penyelenggaraan PENTAS PAI SD di tingkat Kabupaten dan keikutsertaan pada PENTAS PAI SD tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di kabupaten Cianjur pada bulan Februari 2012.

B. LANDASAN HUKUM
  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Peraturan Direktur Jendera Pendidikan Islam No. DJ.I/12A Tahuh 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Sekolah.
C. MAKSUD DAN TUJUAN

1.  Maksud penyelenggaraan PENTAS PAI Kab. Sumedang, adalah :

a. Sebagai media untuk memperkokoh jalinan silaturahmi fungsional dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah terutama di kalangan pengurus KKG PAI kabupaten dan kota, pengurus KKG Provinsi Jawa Barat, Guru PAI Sekolah Dasar, siswa berprestasi, dan seluruh kalangan yang bertujuan sama, yaitu memajukan pendidikan Islam.

b. Sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi islami masa depan yang cerdas, beriman, dan bertakwa (UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

c. Sebagai upaya untuk menyukseskan program pemerintah yang tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 yaitu mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2. Tujuan penyelenggaraan PENTAS PAI SD Kab. Sumedang, adalah:

a. Menumbuhkan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT

b. Meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

c. Memberikan motivasi terhadap peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai pendidikan agama islam.

d. Menanamkan dan menumbuhkan rasa ukhuwah islamiyah peserta didik sehingga rukun dan damai di antara mereka.

e. Menjadikan sarana tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran islam.

f. Meningkatkan keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya.

D. NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah PEKAN KETERAMPILAN DAN SENI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (PENTAS PAI SD) KABUPATEN SUMEDANG TAHUN 2011.

E.  TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan ini adalah Komitmen Profesionalisme Guru PAI dalam Menciptakan Generasi Muslim yang islami di Kabupaten Sumedang”

F.  JENIS KEGIATAN

Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah PENTAS PAI SD TINGKAT KAB, SUMEDANG dan KEIKUTSERTAAN PADA PENTAS PAI SD TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT. Adapun materi yang dikompetisikan terdiri atas 7 (tujuh) mata lomba, yaitu:

1. Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA);
2. Lomba Ceramah Agama (Pildacil);
3. Lomba Hifzhil Qur`ân (hafalan surat-surat pendek);
4. Lomba Kaligrafi;
5. Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur`ân dan saritilawah;
6. Lomba praktek kesempurnaan gerakan dan bacaan shalat fardhu;
7. Lomba Qosidah.

G. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

1.     Tingkat Kabupaten Sumedang

a)  Waktu          : Rabu, 21 Desember 2011
b)  Tempat        : Lingkungan Kantor Kementerian Agama Sumedang.

2.    Tingkat Provinsi Jawa Barat

a)   Waktu              : Pebruari 2012
b)   Tempat            : Kabupaten Cianjur

H.    ORGANISASI PELAKSANA KEGIATAN

Terlampir (Lampiran 1) Lampiran_Panitia

 I.    PEMBIAYAAN KEGIATAN

Jumlah rencana biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 78.258.850,- (Tujuh Puluh Delapan Juta Dua Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Rupiah)

Daftar rincian rencana anggaran biaya kegiatan terlampir (lampiran 2)

J. SUMBER PEMBIAYAAN

Kebutuhan anggaran biaya kegiatan diharapkan dan direncanakan dapat terpenuhi dari sumber-sumber berikut:

  1. Kas KKG PAI SD Kab. Sumedang
  2. POKJAWAS PAI Sumedang
  3. BAZ Sumedang
  4. Pemda Sumedang
  5. Fasilitasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumedang
  6. Fasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang
  7. Pihak lain yang bersifat tidak mengikat
  8. PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat, sebagai bahan pertimbangan bagi para pihak dalam membantu dan mendukung sukses serta lancarnya penyelenggaraan kegiatan dimaksud. Semoga Allah SWT memberikan jalan kemudahan dan ridho-Nya.

Sumedang,       Oktober 2011

Panitia Pelaksana
Pekan Keterampilan dan Seni PAI Sekolah Dasar
(PENTAS PAI SD) Kabupaten Sumedang Tahun 2011

Ketua,

Yusup Buhori Muslim, S.Pd.I

Sekretaris,

Jejen Jamiludin, S.Pd.I

Mengetahui:

Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sumedang,

H. Sanusi Mawi, Drs, M.Si
NIP. 19581229 198503 1006

Kepala Kementerian Agama
Kantor Kabupaten  Sumedang,

H. Ilih Permana, Drs, M.M.
NIP. 19570911 198903 1001

About these ads

2 responses to “LOMBA PENTAS PAI SD KAB. SUMEDANG TAHUN 2011

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s